Selasa, 19 Oktober 2010

※※.....Kejadian 2:1-4:26 (BAGIAN 2).....※※

1. Maka selesailah langit dan bumi serta semua bala tentaranya.


2. Menjelang hari ketujuh, Allah menyelesaikan pekerjaan yang telah ia buat, dan ia mulai beristirahat pada hari ketujuh dari semua pekerjaan yang telah ia buat.


3. Kemudian Allah memberkati hari ketujuh itu dan menyucikannya, karena pada hari itu ia beristirahat dari seluruh pekerjaan yang telah Allah ciptakan untuk membuatnya. 
4. Inilah sejarah langit dan bumi pada waktu diciptakan, pada hari Allah Yehuwa membuat bumi dan langit. 
5. Hingga saat itu, di bumi belum ada semak di padang dan hingga saat itu, tumbuh-tumbuhan di padang belum bertunas, karena Allah Yehuwa belum menurunkan hujan ke atas bumi dan tidak ada manusia untuk menggarap tanah. 
6. Tetapi kabut naik dari bumi dan mengairi seluruh permukaan tanah. 


7. Kemudian Allah Yehuwa membentuk manusia dari debu tanah dan mengembuskan ke dalam lubang hidungnya napas kehidupan, dan manusia itu menjadi jiwa yang hidup.

 Adam tidak memiliki membuka pusar karena dia tidak terikat pada tali pusar ibunya. Tuhan menciptakan dia tanpa mother. Adam did not have a navel opening as he had no umbilical cord attached to his mother. God created him without mother. 

8. Selanjutnya, Allah Yehuwa membuat sebuah taman di Eden, ke arah timur, dan di sana ia menaruh manusia yang telah dibentuknya itu. 
9. Lalu Allah Yehuwa menumbuhkan dari tanah segala pohon yang menarik untuk dilihat dan baik untuk dimakan dan juga pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu dan pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. 
10. Ada sungai yang mengalir dari Eden untuk mengairi taman itu, dan dari sana sungai itu mulai terbagi dan dapat dikatakan menjadi empat hulu. 
11. Yang pertama bernama Pisyon; itulah sungai yang mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat adanya emas. 
12. Dan emas dari tanah itu baik. Ada juga damar bedolah dan batu oniks.


13. Nama sungai yang kedua ialah Gihon; itulah sungai yang mengelilingi seluruh tanah Kus. 
14. Nama sungai yang ketiga ialah Hidekel; itulah sungai yang mengalir ke sebelah timur Asiria. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.


15. Kemudian Allah Yehuwa membawa manusia itu dan menempatkan dia di taman Eden untuk menggarap dan mengurusnya. 
16. Allah Yehuwa juga memberikan perintah ini kepada manusia itu, ”Setiap pohon di taman ini boleh kaumakan buahnya sampai puas. 

Sumeria 'Pencobaan Seal' menampilkan motif ular, pria dan wanita, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan buruk. Sumerian 'Temptation Seal'
shows motifs of the serpent, woman and man, and the tree of Knowledge of Good and evel.

17. Tetapi mengenai pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, engkau tidak boleh memakan buahnya, karena pada hari engkau memakannya, engkau pasti akan mati”.

Mesopotamia "Pohon Kehidupan" Mesopotamian "Tree of Life"

18. Selanjutnya Allah Yehuwa berfirman, ”Tidak baik apabila manusia terus seorang diri. Aku akan menjadikan seorang penolong baginya, sebagai pelengkap dirinya”. 
19. Allah Yehuwa membentuk dari tanah, segala binatang liar di padang dan segala makhluk terbang di langit, dan ia mulai membawa mereka kepada manusia itu untuk melihat bagaimana dia menyebut mereka masing-masing; dan sebutan apa pun yang diberikan manusia itu kepadanya, yaitu setiap jiwa yang hidup, itulah yang menjadi namanya. 


20. Maka manusia itu menyebutkan nama semua binatang peliharaan dan makhluk terbang di langit dan setiap binatang liar di padang, tetapi bagi manusia tidak ditemukan seorang penolong sebagai pelengkap dirinya. 
21. Karena itu, Allah Yehuwa membuat manusia itu tidur pulas dan sementara dia tidur, ia mengambil salah satu rusuknya lalu menutup tempat itu dengan daging.

" Karena itu, Allah Yehuwa membuat manusia itu tidur pulas dan, sementara dia tidur, ia mengambil salah satu rusuknya lalu menutup tempat itu dengan daging." (Kejadian 2:21)

22. Kemudian Allah Yehuwa membangun tulang rusuk yang telah diambilnya dari manusia itu menjadi seorang wanita dan membawanya kepada manusia itu. 
23. Lalu manusia itu berkata, ”Inilah akhirnya tulang dari tulangku Dan daging dari dagingku. Dia akan disebut Wanita, Karena dari pria dia diambil” . 
24. Itulah sebabnya seorang pria akan meninggalkan bapaknya dan ibunya dan ia harus berpaut pada istrinya dan mereka harus menjadi satu daging. 
25. Mereka berdua tetap telanjang, manusia itu dan istrinya, namun mereka tidak merasa malu.

" Lalu manusia itu berkata,”Inilah akhirnya tulang dari tulangku Dan daging dari dagingku.
Dia akan disebut Wanita,Karena dari pria dia diambil.”(Kejadian 2:23)

(Kejadian 3).....: 

1. Adapun ular ialah yang paling berhati-hati dari antara semua binatang liar di padang yang telah Allah Yehuwa buat. Maka ular mengatakan kepada wanita itu,
”Apakah memang benar bahwa Allah mengatakan kamu tidak boleh memakan buah dari setiap pohon di taman ini...?” 


2. Maka wanita itu mengatakan kepada ular, ”Buah dari pohon-pohon di taman ini boleh kami makan.
3. Tetapi mengenai makan buah dari pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah telah berfirman, ’Kamu tidak boleh memakan buahnya, tidak, kamu tidak boleh menyentuhnya agar kamu tidak mati.’”
4. Lalu ular mengatakan kepada wanita itu, ”Kamu pasti tidak akan mati.
5. Karena Allah tahu bahwa pada hari kamu memakannya, matamu tentu akan terbuka dan kamu tentu akan menjadi seperti Allah, mengetahui yang baik dan yang jahat”.
6. Maka wanita itu melihat bahwa pohon tersebut baik untuk dimakan dan sangat diinginkan mata, ya, pohon tersebut menarik untuk dipandang.

"Maka wanita itu melihat bahwa pohon tersebut baik untuk dimakan dan sangat diinginkan mata, ya, pohon tersebut menarik untuk dipandang. Maka dia mengambil buahnya dan memakannya. Setelah itu dia juga memberikan sebagian kepada suaminya ketika bersamanya dan ia memakannya." (Kejadian 3:6)

Maka dia mengambil buahnya dan memakannya. Setelah itu dia juga memberikan sebagian kepada suaminya ketika bersamanya dan ia memakannya.

Itulah sebabnya, sebagaimana dosa masuk ke dalam dunia melalui satu orang dan kematian, melalui dosa, demikianlah kematian menyebar kepada semua orang karena mereka semua telah berbuat dosa - Roma 5 :12

7. Lalu mata mereka berdua menjadi terbuka dan mereka menyadari bahwa mereka telanjang. Karena itu, mereka menjahit daun-daun ara dan membuat penutup pinggang bagi diri mereka.


Adam AND Eve WERE THEY REAL PEOPLE?

"Lalu mata mereka berdua menjadi terbuka dan mereka menyadari bahwa mereka telanjang. Karena itu, mereka menjahit daun-daun ara dan membuat penutup pinggang bagi diri mereka." (Kejadian 3:7)
8. Beberapa waktu kemudian, mereka mendengar suara Allah Yehuwa yang berjalan di taman itu sekitar bagian hari ketika angin bertiup sepoi-sepoi, maka bersembunyilah manusia dan istrinya itu dari hadapan Allah Yehuwa, di antara pohon-pohon di taman itu. 
9. Dan Allah Yehuwa terus memanggil manusia itu dan
berfirman kepadanya, ”Di manakah engkau...?” 
10. Akhirnya ia berkata, ”Suaramu kudengar di taman, tetapi aku takut karena aku telanjang, maka aku bersembunyi”. 
11. Mendengar itu, ia berfirman, ”Siapa yang memberitahumu bahwa engkau telanjang? Apakah engkau memakan buah pohon yang kuperintahkan agar engkau tidak memakannya...?” 
12. Selanjutnya manusia itu mengatakan, ”Wanita yang kauberikan untuk mendampingi aku, dia memberi aku buah dari pohon itu, maka aku makan.” 


13. Karena itu Allah Yehuwa berfirman kepada wanita itu, ”Apa sebenarnya yang telah kaulakukan?” Lalu wanita itu menjawab, ”Ular itu—dia menipuku, maka aku makan.”


14. Kemudian Allah Yehuwa berfirman kepada ular itu, ”Karena engkau telah melakukan hal ini, terkutuklah engkau dari antara semua binatang peliharaan dan dari antara semua binatang liar di padang. Dengan perutmu engkau akan berjalan dan debulah yang akan kaumakan sepanjang hari-hari kehidupanmu.


15. Dan aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan wanita itu dan antara benihmu dan benihnya. Ia akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya”. 
16. Kepada wanita itu ia berfirman, ”Aku akan menambahkan banyak kesakitan pada kehamilanmu; dengan nyeri bersalin engkau akan melahirkan anak, dan engkau akan memiliki keinginan yang kuat terhadap suamimu, dan ia akan menguasai engkau.”
SEAL MAN DENGAN TELANJANG DAN WANITA Pada tahun 1932 EA Speiser dari Museum Universitas Pennsylvania menemukan segel dekat bagian bawah Tepe Gawra Mound dua belas mil dari Niniwe. Dia memperkirakan bahwa segel itu datang dari sekitar 3500 SM. Hal ini menunjukkan seorang pria telanjang dan wanita telanjang, baik membungkuk seolah-olah mereka tertindas atau putus asa. Di belakang mereka, sebagian rusak, adalah seekor ular (lihat gambar di kiri atas foto). segel itu kecil, hanya sekitar satu inci diameter, terukir pada batu, dan sekarang disimpan di Museum Universitas di Philadelphia. Sebagai Speiser menunjukkan, gambar di segel sangat sugestif dari Adam dan Hawa sejarah. 

17. Dan kepada Adam ia berfirman, ”Karena engkau mendengarkan perkataan istrimu dan memakan buah dari pohon yang tentangnya aku memberikan perintah ini, ’Engkau tidak boleh memakan buahnya’, terkutuklah tanah oleh karena engkau. Dengan rasa sakit engkau akan memakan hasilnya sepanjang hari-hari kehidupanmu. 
18. Tanaman berduri serta rumput duri akan ditumbuhkannya bagimu, dan engkau akan memakan tumbuh-tumbuhan padang. 
19. Dengan keringat di mukamu engkau akan makan roti hingga engkau kembali ke tanah, karena dari situ engkau diambil. Karena engkau debu dan engkau akan kembali ke debu”. 
20. Setelah itu Adam menamai istrinya Hawa, karena ia akan menjadi ibu dari setiap orang yang hidup. 
21. Kemudian Allah Yehuwa membuat pakaian panjang dari kulit untuk Adam dan istrinya dan mengenakannya pada mereka.

"Kemudian Allah Yehuwa membuat pakaian panjang dari kulit untuk Adam dan istrinya dan mengenakannya pada mereka". (Kejadian 3:21) 

22. Selanjutnya Allah Yehuwa berfirman, ”Lihat, manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari antara kita dalam hal mengetahui yang baik dan yang jahat, maka supaya ia tidak mengulurkan tangannya dan sesungguhnya mengambil juga buah dari pohon kehidupan dan makan dan hidup sampai waktu yang tidak tertentu,- 

 " Demikianlah ia mengusir manusia itu dan di timur taman Eden, ia menempatkan kerub-kerub serta mata pedang yang bernyala-nyala dan terus berputar untuk menjaga jalan menuju pohon kehidupan." 

"Lalu Allah Yehuwa mengeluarkan dia dari taman Eden untuk menggarap tanah yang darinya dia diambil." (Kejadian 3:23) 

23. ” Lalu Allah Yehuwa mengeluarkan dia dari taman Eden untuk menggarap tanah yang darinya dia diambil.
24 Demikianlah ia mengusir manusia itu dan di timur taman Eden, ia menempatkan kerub-kerub serta mata pedang yang bernyala-nyala dan terus berputar untuk menjaga jalan menuju pohon kehidupan.

(Kejadian 4)....: 

1. Adam melakukan hubungan dengan Hawa istrinya dan dia pun hamil. Pada waktunya, dia melahirkan Kain dan mengatakan, ”Aku telah mendapatkan seorang laki-laki dengan pertolongan Yehuwa”. 
2. Kemudian dia juga melahirkan adiknya, Habel.

"Adam melakukan hubungan dengan Hawa istrinya dan dia pun hamil. Pada waktunya, dia melahirkan Kain dan mengatakan, ”Aku telah mendapatkan seorang laki-laki dengan pertolongan Yehuwa.” 2 Kemudian dia juga melahirkan adiknya, Habel.(Kejadian 4:1-2a) 

Dan Habel menjadi gembala domba, tetapi Kain menjadi penggarap tanah.

Dan Habel menjadi gembala domba,(Kejadian 4:2b)

 
"tetapi Kain menjadi penggarap tanah." (Kejadian 4:2c)

3. Setelah beberapa waktu berlalu, Kain membawa sebagian hasil tanah sebagai persembahan kepada Yehuwa.

" Karena beriman, Habel mempersembahkan kepada Allah korban yang nilainya lebih besar daripada korban Kain; melalui imannya ia menerima kesaksian mengenai dirinya bahwa ia adil-benar, Allah memberikan kesaksian berkenaan dengan pemberiannya; dan melalui itu, meskipun ia sudah mati, ia masih berbicara." ( Ibrani 11:4)

"Tetapi mengenai Habel, ia juga membawa beberapa ekor anak sulung kawanannya, bahkan bagian-bagiannya yang berlemak. Meskipun Yehuwa memandang dengan perkenan atas Habel dan persembahannya" (Kejadian 4:4)

4. Tetapi mengenai Habel, ia juga membawa beberapa ekor anak sulung kawanannya, bahkan bagian-bagiannya yang berlemak. Meskipun Yehuwa memandang dengan perkenan atas Habel dan persembahannya, 


5. ia tidak memandang dengan perkenan atas Kain dan persembahannya. Lalu kemarahan Kain pun berkobar dengan hebat, dan wajahnya menjadi muram. 
6. Maka Yehuwa berfirman kepada Kain, ”Mengapa kemarahanmu berkobar dan mengapa wajahmu muram...? 
7. Jika engkau berbalik untuk berbuat baik, tidakkah engkau akan ditinggikan...? Tetapi jika engkau tidak berbalik untuk berbuat baik, ada dosa yang mendekam di pintu masuk dan sangat menginginkan engkau; dan engkau, apakah engkau akan menguasainya..?” 
8. Setelah itu Kain mengatak an kepada Habel, saudaranya, [”Mari kita pergi ke padang.”] Pada waktu mereka berada di padang, Kain kemudian menyerang Habel, saudaranya, dan membunuhnya.


Anak-anak Allah dan anak-anak Iblis jelas dari fakta ini: Setiap orang yang tidak terus melakukan keadilbenaran tidak berasal dari Allah, demikian juga orang yang tidak mengasihi saudaranya. 11 Karena inilah pesan yang telah kamu dengar sejak awal, yaitu bahwa kita harus mengasihi satu sama lain; 12 tidak seperti Kain, yang berasal dari si fasik dan membunuh saudaranya. Dan mengapa ia membunuh saudaranya? Karena perbuatannya sendiri fasik, tetapi perbuatan saudaranya adil-benar. 1 Yohanes 3: 10-12

9. Beberapa waktu kemudian, Yehuwa berfirman kepada Kain, ”Di mana Habel, saudaramu?” dan dia mengatakan, ”Aku tidak tahu. Apakah aku penjaga saudaraku?” 

"Beberapa waktu kemudian, Yehuwa berfirman kepada Kain, ”Di mana Habel, saudaramu?” dan dia mengatakan, ”Aku tidak tahu. Apakah aku penjaga saudaraku?” (Kejadian 4:9)

10. Maka ia berfirman, ”Apa yang telah kaulakukan...? Dengarkan! Darah saudaramu berseru kepadaku dari tanah. 
11. Dan terkutuklah engkau dalam keadaan terusir dari tanah yang telah membuka mulutnya untuk menerima darah saudaramu dari tanganmu. 
12. Apabila engkau menggarap tanah, tanah tidak akan mengembalikan kekuatannya kepadamu. Engkau akan menjadi seorang pengembara dan pelarian di bumi”. 
13. Maka Kain mengatakan kepada Yehuwa, ”Hukuman untuk kesalahanku terlalu besar untuk ditanggung. 14. Lihat, engkau sesungguhnya menghalau aku pada hari ini dari permukaan tanah, dan aku akan tersembunyi dari hadapanmu; aku pasti akan menjadi seorang pengembara dan pelarian di bumi, dan tentulah siapa pun yang menemukan aku akan membunuh aku”.


15. Maka Yehuwa berfirman kepadanya, ”Untuk alasan itu, siapa pun yang membunuh Kain pasti akan menanggung pembalasan tujuh kali lipat.”Maka Yehuwa menetapkan tanda bagi Kain agar siapa pun yang menemukan dia tidak memukul mati dia. 
16. Lalu Kain pergi dari hadapan Yehuwa dan berdiam di tanah Pelarian di sebelah timur Eden.

Lalu Kain pergi dari hadapan Yehuwa dan berdiam di tanah Pelarian di sebelah timur Eden.

17. Kemudian Kain melakukan hubungan dengan istrinya lalu dia hamil dan melahirkan Henokh. Lalu Kain membangun sebuah kota dan menamai kota itu dengan nama putranya, Henokh. 
18. Lalu lahirlah Irad bagi Henokh. Dan Irad memperanakkan Mehuyael, dan Mehuyael memperanakkan Metusyael, dan Metusyael memperanakkan Lamekh. 
19. Kemudian Lamekh mengambil dua orang istri. Yang pertama bernama Ada dan yang kedua bernama Zila. 
20. Pada waktunya, Ada melahirkan Yabal. Ia menjadi leluhur orang yang tinggal dalam kemah-kemah dan mempunyai ternak. 
21. Dan adiknya bernama Yubal. Ia menjadi leluhur semua orang yang mempergunakan harpa dan seruling. 
22. Mengenai Zila, ia pun melahirkan Tubal-kain, penempa segala macam perkakas dari tembaga dan besi. Dan saudara perempuan Tubal-kain ialah Naama.


23. Maka Lamekh menggubah kata-kata ini bagi istri-istrinya, Ada dan Zila, ”Dengarlah suaraku, hai, istri-istri Lamekh; Berilah telinga kepada perkataanku:Seorang pria telah kubunuh karena melukai aku, Ya, seorang pria muda karena memukul aku.

LAMECH
”Dengarlah suaraku, hai, istri-istri Lamekh;
Berilah telinga kepada perkataanku:
Seorang pria telah kubunuh karena melukai aku,
Ya, seorang pria muda karena memukul aku.

Ya, seorang pria muda karena memukul aku. 

24. Jika tujuh kali lipat Kain harus dibalaskan, Maka Lamekh tujuh puluh tujuh kali lipat” .
25. Kemudian Adam melakukan hubungan lagi dengan istrinya sehingga dia melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, karena sebagaimana dikatakannya,

Seth bin ADAM generasi 2 setelah Adam.

”Allah telah menetapkan bagiku benih lain sebagai ganti Habel, karena Kain membunuhnya”.

ADAM dan EVE menemukan ada dibunuh dan dibunuh Abel anak.
ADAM and EVE finding there murdered and slain son ABEL.

26. Dan bagi Set pun lahirlah seorang anak laki-laki dan ia menamainya Enos. Pada waktu itu, orang-orang mulai menyebut nama Yehuwa.

Tidak ada komentar: